Minggu, 07 Juli 2013



Alhamdulillah ya, Bulan Ramadhan uda datang lagi, hmmm,,,seneng banget rasanya, kenapa kok bisa seneng banget menjelang Ramadhan ya ? loh, loh, tapi kok ada yang kurang seneng datangnya bulan Ramadhan si ? kenapa ? mungkin mereka kurang ngerti kemulyaan bulan romadhon ini ya, manfaatnya dan lainnya lah. Tapi ada juga yang takut datangnnya bulan ramadhan,kenapa lagi ni..?? paling mereka takut, kalau yang ngerokok, takut nggak bisa ngerokok lagi, terus yang pacaran takut kalau nggak bisa leluasa pacaran, (ha…..PACARAN, masa, hari gini masih ada yang pacaran, kuno tu orang), takut kalok nggak makan. Waduh,,,sampek segitunya. Nggak segitunya kalii. 


Agar kita cinta bulan Ramadhan

Nah, kita lurusin dulu pemahaman tentang bulan ramadhan, supaya kalian paham dan tahu tentang datangnnya bulan ramadhan ini, supaya kalian nggak bete saat ramadhan nanti, dan supaya dibulan ramadhan nanti kalian bisa enjoy dan tenang menjalaninya. Oke…

Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam memberikan berita gembira kepada para sahabatnya. Ketika datang bulan Ramadhan seraya bersabda :

Telah tiba kepada kalian bula Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Allah telah mewajibkan puasa atas kalian, didalamnya dibuka pintu-pintu surge, ditutup pintu-pintu neraka jahim, diborgol dedengkot setan, dan di dalalnya ada semalam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barang siapa terhalang kebaikan bulan itu maka ia terhalang dari rahmat Alla. (HR Ahmad dan An Nasa’i)

So brrow, di terangkan dalam hadist diatas, bahwa kalian semua diwajibkan untuk berpuasa, karena dalam bulan ini pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, dedengkot setan di belenggun, jadi kalau kalian melakukan kemaksiatan dalam bulan ini, bukan salahnya setan, bukan setan yang nyuruh, tetapi itu ulah kalian sendiri. (Berarti kalian lebih serem dari setan donk…ihhh,,,,serreeemmmm !!!!)

 Dari Ubadah bin ash-Shamit, bahwa Rasulullah saw.--pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba--bersabda: “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan doa. Pada bulan itu Allah Swt. akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah Swt.” (HR ath-Thabarani)

nah, uda tau hadistnya, berarti sekarang harus di amalkan, karena sesuatu ilmu yang sudah dipelajari harus diamalkan, kalau tidak diamalkan besok di akhirat ilmu itu akan meminta tanggungannya dan akan menjadi tali pengendali yang menyiksa. Okee….

Berarti kita di bulan ramadhan harus kudu ekstra mendekatkan diri kita kepada Alloh untuk mendapatkan rahmat Allah. Supaya kita menjadi hamba yang selamat di hari kiamat kelak. Dibulan romadhan kita juga harus memperbanyak amalan-amalan yang sudah diajarkan oleh Rosululloh. Amalan apa aja sih,,,,pasti penasaran ya…….kita telusuri yuk, cekidots..

Amalan-amalan bulan ramadhan

Pertama, menghidupkan malam harinya dengan qiyamu Romadhon, atau bahasa umumnya dengan sholat-sholat di malam bulan romadhon( sholat malam (tahajud), sholat taraweh, sholat witir), kebanyakan anak muda ketika qiyamu romadhon ini jarang melakukan, misalnya ketika sholat taraweh, hari-hari pertama, mereka full sholat terawehnya tanpa ketinggalan satu salam pun, tapi coba ketika sudah pertengahan romadhon, pasti mereka enggan teraweh, sampai selesai, pasti tengah-tengah mereka keluar, nongkrong di depan masjid, ngobrol ke sana kesini sama teman-temannya, atau nggak pergi ke warung kopi, ngopi sampai teraweh selesai, kemudian mereka pulang. Nah, ini ni, yang bikin kebanyakan anak mudah kurang senang datangnnya bulan ramadhan, terus, apalagi kalau sholat tahajud, pasti mereka masih ngorek, eh salah ngorok maksutnya, masih tidur. Coba deh, kita lakuin qiyamu romadhon ini, pasti kita akan tenang dan enjoy menjalankan bulan romadhon ini. okke brrow….

Kedua, Tadarrus Al-quran, dengan mengusahakan khatam, dalam rangka mensyukuri nikmat turunnya Al Quran di bulan Romadhon. Karena turunnya Al Quran ini dalam dua tahap, yang pertama Al Quran di turunkan oleh Alloh dari Loh Mahfudz langit ke tujuh menuju baitul izzah (langit pertama) dalam bentuk satu Al-Quran utuh, dengan di bawa oleh malaikat jibril dan dikarak oleh semua malaikat. Kemudian setelah dari langit pertama Al-Quran di turunkan secara berangsur-angsur ke bumi dan diterima oleh Nabi Muhammad SAW selam 22 hari 2 bulan 22 tahun, dan digenapkan menjadi 23 tahun. Nah, sudah mengerti kan bagaimana proses terjadinya turunnya Al-Qur’an, sekarang kita tinggal membacanya saja, tapi bukan sekedar membacanya saja, kalau bisa mengerti isinya, dan kita amalkan. Jangan mempergunakan waktu yang kosong ini malah untuk membaca sekedar sms, yang datang dari orang yang nggak jelas alias pacar, waduh, pacar lagi, pacar lagi, nggak ada gunanya kan, mendingan kita buat membaca Al-Quran , untung-untung bisa katam selama 1 bulan. Suapaya hati kita tenang, dan lebih untungnnya lagi, kita mendapatkan pahala membaca Alquran, membaca 1 huruf saja di ganjar pahala oleh Allah 10 , apalagi kalau sampai membaca 30 juz, dikalikan saja, 30 juz ada berapa pahala yang kita dapat.

Ketiga, Muhasabatun Nafsi (intropeksi diri) atas keteledoran dan kesembronoan melanggar batas-batasan Allah. Nah, disisni kita disururh untuk menilai diri kita sendiri sudahkah kita melakukan perintah-perintah Allah ???? sudahkah kita melakukan amalan-amalan kebaikan, yang membuat Allah senang pada kita, atau malah sebaliknya, kita malah berbuat hal-hal yang dilarang oleh Allah, melakukan kemaksiatan, pacaran misalnya, hmmm,,,segera putusin ajha deh pacar kamu, masa di bulan romadhon yang suci dan penuh rahmat Allah ini, kamu nodai dengan hal-hal yang maksiat. Kapan kamu dapat rahmat Allah kalau kamu bermaksiat terus-menerus.

Rosululloh pernah bersabda :

“Jauh dari Rahmat Allah Subhanahu Wata’ala orang yang menjumpai bulan Romadhon sedang dosanya sampai di ampuni” (H.R. Al Hakim)

Hiiiii, ngeri, deh, jauh dari Rahmat Allah, nggak terbayangkan deh. Makanya intropeksi diri kamu, dengan cara bertobat dan mengharapkan pengampunan dari Allah, supaya Allah mengampuni dosa-dosa kita. Mumpung kita berada dalam bulan yang suci dan penuh pengampunan ini. okke mass brro, tobat yuk tobat, tinggalkan maksiat...!!!

Keempat, membayar zakat fitrah. Jangna lupa itu, hukumnya wajib soalnya.

Kelima, perbanyak sodakoh..


Itu dulu ya, mudah-mudahan puasa kalians elama bulan romadhon, bisa diterima oleh Alloh, amin..........
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar