Sabtu, 06 Juli 2013

Tak menyangka,ketika baca baca kitab abuya assayyid Muhammad, sebuah karya yang sangat indah sebagaimana karya - karya beliau yang lain,,,,,yaitu "manhajus salaf ", ada sebuah hikmah yang aku tangkap disitu yang sangat indah dan mungkin kita semua juga butuh pencerahan dari sebuah masalah yang kita hadapi.

apakah masalah itu?

sebuah hidup tanpa problema mungkin kurang indah,berjalan tanpa lika liku dengan berbagai pengalaman juga mungkin menjenuhkan bagi sebagian orang,,,karena mungkin kita tidak merasakan suatu nikmat ato warna dalam kehidupan kita....inilah hidup di dunia,,,dan inilah hikmah dari semua yang kita alami dalam kehidupan kita di alam dunia ini.

Kadang kita berada di atas, artinya tidak kurang dari segala nikmat,,,,tapi kadang kita juga berada di bawah yang hidup kita mungkin kurang menyenangkan alias di uji kemiskinan dan beratnya dalam menjalani hidup ini...

dan yang tak mungkin lepas dari kita adalah kesedihan dan ketakutan akan masa depan yang menghantui kita......lantas apa sich penyebab semua kegundahan, kegelisahan dan kesedihan kita di dunia ini?

meski kita bergelimang harta akan tetapi kita masih saja tertimpa kesedihan dan kegundahan,,,dalam bahasa Rosululloh mengatakan " al huzn dan al hamm".

penyebab semua itu sebagimana penjelasan abuya tentang hadis Nabi yang berlindung dari " al huzn dan al hamm" adalah semua bermuara dari al ajzu dan al kasalu( sifat lemah dan juga sifat malas).

jika kita malas maka efek negatif yang akan menimpa kepada kita adalah sebuah kegelisahan dan kesedihan....begitu juga sifat lemah yang kita biarkan begitu saja, tanpa berusaha menghadapi semua rintangan dengan tegar,,,dan putus asa kan rohmat yang di berikan oleh Alloh sehingga tidak mau berusaha sama sekali ....yang endingya yang kita dapatkan adalah penyesalan karena ketertinggalan kita akan apa yang kita harapkan,,,,

maka dari sini Rosululloh shollallohu alaihi wasallam karena kasih syangnya kepada ummatnya agar tidak tertimpa kesedihan dan kegelisahan d dunia ini mengajarkan kepada kita agar terhindar dari sifat malas dan lemah." allohumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan, wa 'audzubika minal ajzi wal kasal. wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'udzu bika min gholabatiddain waqohrir rijal " ( yaa Alloh aku berlindung kepadamu akan kegundahan dan kegelisahan, dari sifat yang lemah dan malas, dari sifat penakut dan bakhil, serta dari hutang yang menumpuk dan penindasan seorang pemimpin)

mungkin inilah sebagai intropeksi diri kita dan mungkin sebagai bekal mengahadpi hidup kedepan kita dan semoga bermanfaat,,,,dan kita di jadikan oleh Alloh orang yang selalu bahagia di dunia dan di akhirat..amin amin yaa robbal alamin....

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar