Kamis, 01 Agustus 2013



Kehidupan seseorang santri dan seseorang yang hidupnya di rumah itu beda. Secara keseluruhan kehidupan seorang santri di pondok itu hanya mengaji dan mengaji, itu menurut pendapat orang-orang secara umum. Sehingga yang ada di benak orang-orang itu mengganggap seorang santri itu jadul, ketinggalan zaman, nggak pernah tau tentang teknologi dan informasi-informasi dunia, karena hidupnya Cuma dipondok saja. Berbeda dengan seseorang yang hidupnya di rumah, yang setiap hari selalu keluar kemana-mana, mencari informasi-informasi dan perkembangan teknologi-teknologi dunia. Nah, disini kita akan merubah anggapan orang-orang  itu, kalau santri nggak hanya ngaji saja di pondok, nggak Cuma wiritan saja di pondok tapi santri juga harus gaul, harus tahu tentang perkembangan-perkembangan dunia yang semakin modern sekarang.

Kehidupan seorang santri di pondok memang setiap harinya dari pagi sampai malam itu, biasanya mengaji dan wiritan, tapi jangan menganggap mengaji dan wiritan ini hanya pekerjaan yang biasa. Mengaji dan wirit ini MasyaAlloh, begitu besar pahalanya. Ngomong-ngomong soal mengaji, jangan menganggap mengaji itu hanya mengaji Al-Quran saja. Selain mengaji Al-Quran di pondok juga biasanya mengaji kitab-kitab seperti, kitab fiqih, Hadist, tafsir dan sebagaiya. Seseorang yang mengaji itu pahalanya luar biasa loh, apalagi mengaji kitab Alloh yaitu Al-Quran. Satu huruf saja di ganjar sepuluh pahala oleh Alloh, apalagi kalau bisa sampai tiga puluh juz, dihitung saja berapa jumlah satu huruf dalam tiga puluh juz kemudian kalikan deh sepuluh. Hehehehe. Apalagi kalau mengaji kitab-kitab seperti hadis, tafsir, fiqih. Hmmm, nggak kebayang deh berapa pahala yang kita dapat. Karena itu semua ilmunya Alloh. Alloh akan memberikan pahala ketika ilmunya Alloh ikhlas di pelajari, dan Alloh akan memberikan pahala dan rohmat kepada siapapun orang yang mau mempelajari ilmunya Alloh. Begitupun juga wirit atau dzikir. Begitu banyak keutamaannya. Dengan dzikir atau wirit, hati kita bisa menjadi tenang, pikiran fress.

Rosululloh pernah bersabda :
“Apabila kalian melihat kebun-kebun surga, maka jumpailah, karena kebun surga di dunia ini adalah majlis ilmu dan dzikir”

Masayaalloh, baru kebun-kebunnya surga di dunia saja ya, apalagi kalau sudah di surganya, hmmm, betapa indahnya.

Rosululloh pernah Bersabda :
“Tidaklah suatu kaum yang duduk dan berdzikir kepada Alloh dan seluruh malaikat mengelilingi kita”

Hmmm, pengen nggak malaikat mengelilingi kita, yang pengen donk....malaikat akan menjaga kita selama kita mencari ilmu Alloh dan berdzikir. Alloh akan memberikan keberkahan ketika kita mencari ilmu dan berdzikir, Alloh akan menurunkan Rohmatnya, Alloh akan menurunkan sakinah, dan Alloh akan menyebut nama kita di hadapan ribuan malaikat. Jadi jangan minder jadi seorang santri,bahagialah kalau kau seorang santri. Okkkee
Gaulnya seorang santri bukan berarti gaulnya itu seperti anak punk yang ada di jalan-jalan, itu yang memakai kaos hitam gambar tengkorak, rambutnya acak-acakan di warnain. Bukan gitu. Gaulnya seorang santri itu tetap berada dalam jalan Alloh yang lurus, meskipun seorang santri memakai kopyah putih, baju kokoh putih dan memakai sarung, dan yang perempuan memakai kerudung, memakai busana jubah, nggak usah minder, nggak usah takut dan malu toh itu masih dijalan Alloh, toh itu juga kan sunnah-sunnah Rosululloh yang harus dikerjakan, dan juga dapat pahala pastinya kan.

Masalah teknologi dan perkembangan dunia, sorang santri juga harus menguasai ini, minimal bisa menjalankan komputer dan software-sorftware nya lah. Apalagi internet, wah, ini kewajiban ni, hehehehe. Kalau nggak bisa internetan, gimana mau mencari informasi-informasi dunia yang terkini. Misalnya saja, info dipalestina, info di mesir, di amerika. Kalau nggak pakai internet pakai apa lagi, coba, emang mau pergi kesana ta ??hehehe. enggak kan, jalan pintasnya ya, lewat internet itu, jadi seorang santri juga menguasai internet. Selain itu seorang santri juga harus pinter berkomukiasi, menguasai bahsa asing minimal bahasa inggris wah, bisa dikatakan wajib juga itu buat semua orang, kususnya seorang santri. Oke deh, kalau masalah bahasa arab itu seorang santri itu ahlinya, tapi seandainya ada seorang santri pergi ke mesir untuk belajar nerusin mondok atau kulia di mesir, masak Cuma bahasa arab saja, bahasa inggris disana juga dibutuhkan kan, apalagi disana orang-orangnnya dari penjuru dunia yang datang. Bahasa inggris sekrang juga menjadi bahasa internasional, bukan hanya di negara inggris saja, di mekah, di mesir, di yaman, bahsa inggris juga ada kan. Nah, mulai sekrang, pelajari bahasa inggir, biar jadi santri yang pintar berbahasa inggris dan kususnya berbahasa arab biar kita nggak di tipu sama orang-orang barat.
Seorang santri juga harus, gaul dengan berdakwah, apalagi punya jamaah, wau, kereeeennn itu namanya, heheheh. Berdakwah menyampaikan ajaran-ajaran Alloh, menyampaikan ilmu-ilmunya yang sudah di dapat dari mengaji, dan di sampaikan kepada orang-orang. Kita tunjukkan kepada semua orang, bahwa santri juga gaul dengan berdakwah, didunia dapat pahala di akhirat juga dapat balasan yang indah dari Alloh. Apalagi kalau punya jamaah, yang bisa di ajak untuk mempelajari ilmunya Alloh bersama-sama. Karena pekerjaan yang paling mulia di sisi Alloh itu hanya berdakwah, menyampaikan ilmu-ilmunya Alloh. Jadi jangan minder dengan berdakwah.

Rosululloh pernah bersabda :
“Barang siapa yang berjuang dengan Agama Alloh, maka Alloh akan menundukkan dunia kepada dia, dan menjadikan malaikat sebagai pelayan di dunia”

Hmm,  siapa yang nggak mau coba, dengan berdakwah memperjuangkan Agama Alloh, Alloh menundukkan dunia kepada kita, bukan kita yang mencari dunia, tapi dunia datang sendiri kepada kita, dan malaikat melindungi kita selalu. Kereennnn kan......hehehe
Jadi jangan minder jadi seorang santri, seorang santri juga harus gaul, jangan kalah sama orang-orang yang gaul didunia saja, seorang santri juga harus gaul didunia dan gaul di akhirat, yaitu mendapatkan balasan yang indah di akhirat. Okkkeeh.....kita tunjukkan pada semua orang santri juga bisa gaul, gaul secara Islam.....

Selamat berjuang,

Alwibaihaqi9910@yahoo.co.id
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar